Sabtu, 14 Maret 2015

Food Recipe #1 : Resep Terik Tempe ( Semangit ) dan Tahu

0

Sabtu pagi, seperti hari - hari biasanya, selalu bingung mau masak apa hari ini? Ehm..masih punya tempe sama labu. Awalnya mau masak sambal goreng labu, tapi beralih ke sayur Terik sepertinya enak. Soalnya semalam habis baca resep di blognya mbak Diah Didi tentang Terik Tempe Semangit dan Tahu. Well, sudah ada tempe, ya meski pun gak semangit, tinggal cari tahu dan bumbu pelengkap lainnya.

Hari beranjak semakin siang, jam menunjukkan hampir pukul 9 pagi, tapi bakul sayur langganan, lek Sanem, ga muncul juga. Yasudah lah, aku berniat ke warung dulu beli santan instan. Maklum, ga punya kelapa lagipula juga males aja kalo harus marut kelapa hehehe

Setengah jalan bukannya langsung ke warung malah mampir di hik mbak Prih, sarapan dulu ceritanya, sembari nunggu lek Sanem lewat. Kira - kira lima menit kemudian, aku melihat lek Sanem dari kejauhan. Aku suruh mampir lah di hik, soalnya belum selesai aku sarapannya.

Langsung saja sesampainya lek Sanem di hik, aku ambil tahu abang (tahu yang digoreng), kemiri, tumbar, kerupuk, bothok mlanding. Setelah itu, aku lanjut ke warung buat beli santan dan kerupuk mentah. Soalnya tadi pagi mas Wawan minta digorengin kerupuk.

Okelah, bumbu dan bahan sudah lengkap tinggal masuk ke lokasi eksekusi hahaha kayak apa aja nih ^^,

Berikut resep yang aku modifikasi dari mbak Diah Didi :

Bahan :
200 gram tempe semangit yang baru ( belum terlalu over fermentasinya ) , potong sesuai selera ( tempe saya tidak semangit, tapi sudah terlalu matang kira - kira ada 8 biji saya potong jadi 2 bagian per bijinya )
5 buah tahu berkulit ( tahu goreng ) , potong sesuai selera ( saya pakai 10 biji tahu ukuran kecil, saya potong jadi 2 bagian per bijinya )
Santan sedang 800 ml dari 1/2 butir kelapa atau santan instan yang di encerkan ( saya pakai santan instan cair merk Kara )
2 lembar daun salam, 2 sereh ( saya pakai 1 batang sereh ), 2 cm lengkuas geprek dan 2 lembar daun jeruk purut
Gula merah 1 sendok makan ( sesuai selera ) ( saya tidak pakai gula jawa, kebetulan habis, sebagai ganti saya pakai kecap secukupnya )
Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh ( saya gunakan sedikit Royco rasa ayam )
Garam secukupnya                   

Bumbu halus :
8 butir bawang merah ( saya cuma pakai 4 butir )
5 butir kemiri ( saya cuma pakai 1 butir )
3 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh merica butiran ( saya ga pakai ini )

Cara Membuat :
Haluskan bumbu2, lalu tumis hingga harum, masukkan santan, tahu dan tempe dan bumbu2 lain.
Masak sampai meresap dan  kuah mengental dengan api kecil.

( cara membuat saya kira - kira hampir sama seperti punya mbak Diah, cuma kecap saya masukkan terakhir karena kebetulan tadi bumbunya terlalu asin jadi untuk mengimbangi rasanya saya kasih kecap )

And this is it!!

Terik Tempe ( Semangit ) dan Tahu hasil eksekusi di dapur Anis ^^,




Gimana? Pada ngiler gak nih? hehe
Oh iya, untuk lauknya cuma pake kerupuk saja. Soalnya sayur ini kan sudah all in one ya kalo menurut aku jadi cukup pake kerupuk saja atau bisa pake sambal biar semakin mantaappsss..

Ok guys, sekian untuk postingan kali ini tentang Food Recipe atau Resep Makanan. Nantikan resep - resep lainnya ya guys. Bye..bye.. and see you on my next Food Recipe :)

Keterangan :
bakul = disini artinya penjual, bukan bakul dalam arti yang satunya ^^,


With love,
Anis Restu

0 komentar:

Posting Komentar

thanks for your comment ^^,

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com